PemeRinTaHan AmeriKa SeriKat

Kemanakah pemerintahan Bush membawa rakyat Amerika?
Oleh Dewan Redaktur WSWS
22 September 2001
Versi untuk cetak | Kirim link lewat email | Email penulis

Satu pesan yang tidak dapat diragukan timbul dari pidato Presiden George W. Bush kepada sebuah sidang tergabung Kongres pada hari Kamis malam: Amerika Serikat sedang didorong ke arah kekejaman global dan penindasan domestik yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam sejarah negara itu.

Dalam nama “perang melawan terorisme” pemerintahan Bush menuntut-dan dikabulkan-kekuasaan-kekuasaan yang tak terbentuk dan tak terbatas untuk menggunakan kekuatan militer di seluruh dunia.

Latar belakang seperti jaman perang-nya pidato Bush-dengan Gedung Capitol dikelilingi tentara dan suara helikopter-helikopter militer terdengar dari dalam ruangan sidang-telah sesuai dengan sikap pemerintah sejak serangan teroris atas New York dan Washington. Pemerintah telah berusaha secara keras, bukannya untuk menenangkan hati rakyat Amerika, tetapi malahan menimbulkan suasana kepanikan. Ini menciptakan keadaan histeria dicampur dengan patriotisme yang berlebihan supaya masyarakat umum terburu untuk menerima tidak hanya penggunaan kekuatan militer Amerika tanpa batas, tetapi juga sebuah serangan yang meluas pada hak-hak demokratis dalam negara AS sendiri.

Dengan itu absennya Wakil Presiden Cheney and pengumuman bahwa ia telah dibawa ke sebuah tempat rahasia yang aman. Pemerintah ingin rakyat Amerika untuk mempercayai bahwa kekuatan-kekuatan militer Amerika yang besar sekali itu tidak dapat menjamin keamanan pemimpin-pemimpin negara dalam Gedung Capitol. Jika Bush dan kawan-kawannya benar-benar mempercayai gagasan yang tidak masuk akal ini, maka harus dikatakan bahwa mereka telah kehilangan akal. Penjelasan yang lebih memungkinkan adalah mereka ingin memperkuat tuntutan yang telah diajukan tanpa henti bahwa Amerika adalah dalam sebuah keadaan perang, dan membiasakan penduduk AS pada tindakan-tindakan yang umumnya digunakan pada masa perang dan sebuah pemerintah yang menjalankan fungsi-fungsi utamanya di balik punggung masyarakat.

Leave a comment